Awas Stroke

Awas stroke !
Stroke, banyak orang mengetahui tentang penyakit ini namun tidak banyak orang yang menyadari bahwa penyakit ini telah benar-benar mulai mengancam kita. Usia serangan kini tinggi dan sudah mulai memasuki usia produktif (usia muda).

Serangan stroke biasanya merupakan serangan secara tiba-tiba, mendadak pelo, bibir menyong atau sebagian tubuhnya mendadak kaku tidak bisa digerakkan dan sering diikuti pingsan , adalah merupakan serangan yang biasa menimpa pasien stroke. Salah satu penyebabnya adalah terhentinya suplai darah di suatu tempat, sehingga mengakibatkan kelumpuhan, hilangnya kesadaran atau bahkan kematian karena adanya penyumbatan di dalam pembuluh darah (aterosklorosis) karena kolesterol tinggi (hiperkolesterol), atau karena pecahnya pembuluh darah di otak sebagai akibat penyakit hipertensi. Jika tidak ditangani secara cepat dan tepat banyak pasien mengalami kecacatan fisik secara permanen dengan sebagian tubuh tidak bisa digerakkan atau kecacatan memori yang mengancam seluruh atau sebagian ingatan pasien hilang.

Banyak kalangan yang menyebutkan bahwa stroke merupakan penyakit yang paling ditakuti, karena ada kecenderungan bahwa kebanyakan pasien kemudian menjadi pasif dan sangat tergantung dengan orang disekelingnya. Memang ada beberapa pasien yang bisa sembuh meski dengan kecacatan yang minimal, namun bila dibandingkan dengan yang mengalami kecacatan permanen dan tidak bisa melakukan aktifitas secara normal kembali, sungguh ini menyisakan banyak cerita yang menyedihkan. Sebagian besar dari pasien stroke kemudian bahkan kehilangan pekerjaan atau mengalami pensiun dini.
Masyarakat atau anggota keluarga dari pasien yang terkena serangan stroke seringkali hanya merasa panik ketika ada salah satu anggota keluarga yang mengalami serangan awal stroke. Kejadian ini kebanyakan ditangan sebagai penyakit biasa, padahal serangan stroke ini bisa dengan cepat menyebabkan kerusakan otak dalam menit. Stroke akan bertambah buruk dalam beberapa jam sampai 1-2 hari sebagai akibat meluasnya jaringan otak yang mati. Kesalahan penanganan bisa berakibat fatal, begitu juga kesalahan diagnose awal.
“Di Indonesia , kebanyakan pasien stroke jarang sekali mendapat pengobatan dalam waktu 3-6 jam pertama. Akibatnya kecacatan pasien stroke di Indonesia sangat tinggi” *)
Informasi terkini yang diketahui penulis adalah penangan awal serta pengobatan perlu dilakukan dalam waktu 1-3 jam.
Mulai mengancam Usia Muda
Stroke kini merupakan penyebab kematian nomor 3 di dunia dan merupakan penyebab kecacatan utama bagi umat manusia. Di Amerika, setiap tahun terjadi sekitar 700 ribu kasus stroke, artinya hampir setiap 45 detik ada salah seorang warga paman Sam ini yang terserang stroke. Sementara di Indonesia kasus stroke telah mendekati angka sekitar 400 ribu setiap tahunnya, bahkan data dari Yayasan Stroke Indonesia mengatakan 500 ribu pertahyun dimana 25 % diantaranya meninggal. Yang lebih mengejutkan, pasien stroke kini juga sudah mulai mengenai usia muda, artinya umur 45 tahun ke bawah.
Gaya hidup tidak sehat ala makanan perkotaan kembali dituding menjadi faktor penyumbang terbesar bagi meningkatnya stroke di kalangan usia muda. Gaya hidup atau life style masyarakat perkotaan adalah aktifitas tidak sehat seperti merokok, minuman beralkohol,makanan kolesterol tinggi. Konsistensi dalam menjaga pola hidup sehat merupakan kunci utama, mulai dari mengkonsumsi pola makan seimbang,3 enak yakni manis, gurih, dan asin harus diimbangi dengan rasa pahit, enyahkan rokok, hindari stress ,awasi tekanan darah gula darah dan kolesterol, teratur berolah-raga dan istirahat yang cukup.
Catatatan tentang Stroke:
• Tingginya angka kejadian stroke di Indonesia telah memberi sinyal untuk melakukan langkah-langkah pencegahan yang cukup komprehensif dan terpadu.
• Pasien stroke kini sudah mulai mengenai usia muda, artinya umur 45 tahun kebawah.
• Makanan yang serba lezat dan nikmat yang biasa kita santap di restoran ataupun hotel, cenderung memicu hiperkolesterol sebagai penyumbang terbesar bagi terjadinya penyakit jantung koroner (PJK) dan memicu serangan stroke.

Tangerang, 12 Desember 2011
Diambil dari majalah : Healthyguide News, no. 03-2008

1 Komentar

  1. Desember 16, 2011 pada 2:37 pm

    Mari kita sama berhati-hati untuk menjaga aktifitas kita sehari-hari dengan pola makan seimbang, giat berolah raga, tidak merokok, hindari stress, istirahat yang cukup,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: